KotabaruBerdasarkan registrasi dan pengolahan data penduduk akhir tahun 2006 jumlah penduduk Kabupaten Kotabaru saat ini berjumlah 260.093 jiwa denga tingkat kepadatan 28 jiwa/km2, terdapat di kecamatan Pulau Laut Utara sebesar 73.884 jiwa, sedangkan jumlah penduduk paling sedikit terdapat pada kecamatan Kelumpang Barat dengan jumlah penduduk hanya 4.741 jiwa.

Penduduk Kotabaru mempunyai suku bangsa yang cukup beragam dan yang paling banyak adalah suku Banjar dan Bugis, juga terdapat suku Jawa, Dayak, Melayu, Sunda, Madura dan lainya.

 

KEAGAMAAN

Sebagian besar penduduk Kabupaten Kotabaru beragama Islam, mayoritas beragama Islam senyak 96%, agama Kristen/protestan sebanyak 2,4%, agama Hindu 0,7%, dan agama Budha 0,5%.

Sebagai daerah agamais Kabupaten Kotabaru banyak memiliki rumah ibadah, diantaranya terdapat 213 (dua ratus tiga belas) buah mesjid, 347 (tiga ratus empat puluh tujuh) buah langgar, 29 (dua puluh) buah gereja, 7 (tujuh) buah pura,dan 1 (satu) buah vihara.

Letak rumah-rumah ibadah tersebut tersebar diseluruh wilayah desa, kecamatan sampai ke pelosok desa di Kabupaten Kotabaru.

 

PENDIDIKAN

Pemerintah Kabupaten Kotabaru terus meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan dengan menyediakan fasilitas pendukung sarana, kesediaan sarana dan prasarana yang memadai. Pada tahun 2005, di Kabupaten Kotabaru terdapat 245 unit Sekolah Dasar (SD) dan Maderasah Iftidaiyah (MI).

54 unit Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Maderasah Tsanawiah (MTs), dan 27 unit Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Maderasah Aliyah (MA).

Untuk melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi, di Kabupaten Kotabaru juga terdapat 3 (tiga) Civitas Akademika yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam "DArul Ulum", Akademi Keguruan "Paris Barantai" dan Akademi Politeknik.